Tuesday, December 12, 2017

10 AMALAN UNTUK MENDAPATKAN CINTA ALLAH

بسم الله الرحمن الرحيم Assalaamu Alaykum Wa Rahmatullaahi Wa Barakaatuh اللهم صل على محمد وآل محمد

Image result for allahu akbar

Ibnul Qayyim - rahimahullah - telah menyebutkan sepuluh sebab yang bisa mendatangkan kecintaan Allah - ta'ala - :
1. Membaca al-Qur`an dengan tadabbur dan berusaha memahami makna-makna yang terkandung di dalamnya sesuai dengan apa yang Allah kehendaki.
2. Mendekatkan diri kepada Allah dengan amalan-amalan sunah setelah melakukan amalan-amalan yang wajib.
3. Senantiasa berdzikir kepada Allah dalam segala keadaan baik dengan hati, lisan, perbuatan maupun dengan keadaannya. Maka bagian yang dia peroleh dalam kecintaan sesuai dengan kadar dzikir yang dia lakukan.
4. Mendahulukan apa yang Allah cintai atas apa yang dicintai oleh dirinya ketika hawa nafsu menguasai.
5. Pengetahuan dan persaksiannya terhadap nama-nama dan sifat-sifat Allah - ta'ala -. Karena barangsiapa yang mengenal Allah dengan benar melalui nama, sifat dan perbuatan-Nya, pasti dia akan mencintai Allah.
6. Mempersaksikan kebajikan dan kebaikan-Nya serta karunia dan nikmat-Nya yang sangat banyak baik yang lahir maupun batin. Maka ini akan mendorong kita untuk mencintai-Nya.
7. Ketundukan dan kerendahan hati secara utuh di hadapan Allah - ta'ala -.
8. Berkhulwat (menyendiri) bersama Allah di waktu turun-Nya ke langit dunia pada sepertiga malam terakhir, untuk bermunajat kepadanya, membaca firman-Nya, mengkonsentrasikan hati, dan beradab dengan adab-adab penghambaan di hadapan-Nya, kemudian mengakhirinya dengan istighfar dan taubat.
9. Duduk bergaul dengan orang-orang yang mencintai Allah dan jujur dalam kecintaannya, serta memetik buah perkataan-perkataan mereka yang baik. Dan tidak berbicara (di tengah-tengah mereka) kecuali jika ada mashlahat dan manfaatnya bagi dia dan orang lain.
10. Menjauhi segala hal yang bisa menjadi penghalang antara hati dengan Allah.

No comments: