Thursday, October 23, 2014

Sentuhan & Gerakan Senam Otak Bayi

بسم الله الرحمن الرحيم
Assalaamu Alaykum Wa Rahmatullaahi Wa Barakaatuh
اللهم صل على محمد وآل محمد


Sentuhan & Gerakan Senam Otak Bayi | MotherAndBaby.co.id


Sejak usia 3 bulan, otot-otot tubuh bayi sudah semakin kuat. Saat itulah Si Kecil sudah bisa diajak melakukan gerekan senam otak. Senam otak bisa membantu meningkatkan daya kerja otak dan membuat otak bekerja dengan optimal.

Jika tak sempat pergi ke tempat yang menyediakan jasa senam otak bayi, Anda juga bisa mencoba gerakan ini di rumah bersama Si Kecil loh, Moms!

1. Sentuhan pada dahi
Usap dari arah kiri ke kanan dan sebaliknya. Sentuhan ini dapat mengalirkan darah dari hipotalamus (bagian otak yang berfungsi sebagai pusat integrasi), menuju otak bagian depan.
Tujuan: Membuat bayi tenang dan tidak takut ataupun tegang, Mengaktifkan otak depan  sehingga kemampuan berpikir logis dan kreatif meningkat.
2. Sentuhan pada pipi
Sentuh dan elus lembut pipi kiri dan kanan secara bergantian.
Tujuan: Saat menguap terjadi refleks pernapasan sehingga meningkatkan oksigen ke otak,  Mengaktifkan otot untuk bersuara dan mengunyah.
3. Sentuhan pada telinga 
Usap lembut bagian pinggir daun telinga kiri dan kanan secara bergantian, tempat di mana terdapat banyak saraf halus.
Tujuan: Mengasah sensitivitas telinga untuk mendengar sehingga kemampuan  pendengarannya makin tajam, Mengasah kemampuan dan keterampilan bicara dan mengeja, Meningkatkan daya konsentrasi dan daya tangkap.
4. Sentuhan pada bahu
Sentuh dan elus lembut bagian otot bahu kiri dan kanan secara bergantian. Gerakkan juga  kepala secara perlahan ke kiri dan ke kanan.
Tujuan: Otot leher dan bahu rileks serta tidak kaku, Meningkatkan fokus perhatian,  konsentrasi, dan daya ingat.
5. Gerakan mengaktifkan tangan
Pandulah kedua tangan bayi untuk direntangkan lurus ke atas agar sekat rongga dada terbuka lebih lebar. Kemudian rentangkan tangan dengan arah bebeda, yaitu lurus ke depan dan selanjutnya tangan diluruskan di sisi pinggul.
Tujuan: Memperkuat otot-otot dada dan bahu, untuk relaksasi dan melancarkan pernapasan,  melatih koordinasi mata dan tangan.
6. Gerakan angka 8 tidur
Posisi bayi telentang, Badan diluruskan lalu tuntun tangannya dan gerakkan ke arah kiri dan kanan membentuk angka 8. Lakukan secara bertahap dan bergantian tangan kiri dan kanan sebanyak 4 kali.
Tujuan: Meningkatkan koordinasi otot mata dan mengaktifkan gerakan mata kanan dan kiri,  mengurangi ketegangan mata, mengasah daya konsentrasi, perhatian dan koordinasi dan  keseimbangan.
7. Gerakan menyilang
Lakukan gerakan anggota badan secara menyilang, Tangan kanan digerakkan bersamaan dengan kaki kiri atau sebaliknya, tangan kiri digerakkan bersamaan dengan kaki kanan. Gerakkan dilakukan ke depan dan usahakan melewati garis tengah badan. Lakukan secara perlahan jangan dipaksa. supaya suasana rileks.
Tujuan: Mengaktifkan hubungan kedua sisi otak, indra perabaan, pendengaran, penglihatan dan konsentrasi. Mengaktifkan gerakan mata dari kiri ke kanan atau sebaliknya. Meningkatkan koordinasi organ tubuh bagian kiri dan kanan.


Post a Comment