Monday, June 1, 2015

Tahajud dan lain-lain

بسم الله الرحمن الرحيم Assalaamu Alaykum Wa Rahmatullaahi Wa Barakaatuh اللهم صل على محمد وآل محمد



Sahabat Ummi, waktu sepertiga malam terakhir yang biasanya dipakai untuk melaksanakan shalat Tahajud ternyata juga sangat baik jika diisi dengan berbagai kegiatan positif seperti beberapa hal berikut:
1. Menghafal
Baik menghafal quran maupun menghafal ilmu lainnya yang bermanfaat sangat baik dilakukan pada waktu sepertiga malam, yakni setelah melaksanakan shalat Tahajud.
2. Menulis
Menulis juga merupakan aktivitas yang baik dilakukan di waktu tahajud. Karena suasana hening dan udara segar bisa membuat pikiran fresh, sehingga kreativitas bisa bermunculan di waktu ini.
3. Berdoa
Tentu saja berdoa adalah hal yang perlu sekali kita lakukan di waktu sepertiga malam, di saat inilah Allah akan mengabulkan segala permintaan.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Rabb kita turun ke langit dunia pada setiap malam yaitu ketika sepertiga malam terakhir. Dia berfirman, ‘Siapa yang berdoa kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, maka akan Aku berikan. Dan siapa yang yang memohon ampun kepada-Ku, maka akan Aku ampuni.” (HR. Bukhari, no.1145 dan Muslim, no.758)
4. Minum Air Putih
Sahabat Ummi, minum air putih di pagi hari dapat memperlanjar buang air besar, juga berfungsi mengeluarkan racun yang ada pada tubuh kita, namun akan jauh lebih optimal minum air putih tersebut ketika keadaan perut kosong. Dengan minum air putih pada saat bangun tidur  juga mampu meredakan sakit kepala.
Tak hanya itu saja fungsi dari meminum air putih di pagi hari yang banyak dapat membantu membersihkan usus.  Meminum air putih pada pagi hari bermanfaat juga dalam meningkatkan sistem metabolisme tubuh dan merangsang pertumbuhan sel-sel darah merah lebih cepat. Sehingga akan lebih berenergi.
5. Mandi
Mandi pagi secara medis akan merangsang sistem peredaran darah dan persyarafan menjadi lebih aktif. Hal ini timbul sebagai reaksi terhadap rangsangan suhu dingin secara singkat. Sepanjang seseorang tidak sakit, maka mandi subuh atau sebelum subuh memberikan efek positif karena tubuh dicambuk oleh temperatur rendah.
Mandi subuh juga dapat membangunkan tubuh yang terlelap dimana metabolisme tubuh sedang melambat.Diibaratkan membangunkan mesin yang awalnya pelan kemudian dinaikkan. Suhu tubuh akan dinaikkan mencapai kestabilan. Jantung menjadi terpacu untuk bangun,adrenalin meningkat, pembuluh darah jadi lebih lancar untuk bergerak sehingga aliran darah dalam tubuh menjadi sangat baik termasuk aliran ke kulit. Sehingga kulit tampak lebih fresh.
Untuk mereka yang memiliki penyakit berat sebaiknya mandi dengan suhu air hangat (bukan panas) yang mendekati suhu tubuh sehingga sistem penyesuaian atau adaptasi yang sedang lemah tidak dirangsang secara paksa.

Dari berbagai sumber- majalah ummi
Foto ilustrasi: google

No comments: