Sunday, March 8, 2015

Cara berjalan seorang wanita meliputi 3T. Apa sajakah itu?

بسم الله الرحمن الرحيم Assalaamu Alaykum Wa Rahmatullaahi Wa Barakaatuh اللهم صل على محمد وآل محمد



SEORANG Muslimah harus dapat menjaga diri dan kehormatannya. Untuk itu, perlu bagi kita untuk mengikuti segala apa yang telah diperintahkan oleh Allah dan Rasul-Nya. Karena, dalam Islam semua yang berkaitan tentang wanita telah diatur dengan baik. Begitu pula dengan bagaimana ia harus berjalan.
Cara berjalan seorang wanita meliputi 3T. Apa sajakah itu?
1.Tegas
Tegas di sini ialah berjalan dengan tidak berlenggang-lenggok. Aisyah RA meriwayatkan bahawa suatu ketika seorang wanita dari suku Muzainah datang menghadap Rasulullah SAW di dalam Masjid. Ia memakai pakaian gaya terbaru dan berjalan berlenggok-lenggok.
Rasulullah SAW bersabda kepada majlis, “Wahai manusia,hentikanlah kaum wanitamu dari memakai pakaian dengan gaya terbaru dan berjalan dengan berlenggok-lenggok. Bani Israil telah dilaknat karena kaum wanita mereka menghias diri dan datang ke Masjid sambil berjalan berlenggok-lenggok.”
Jadi, seorang muslimah tidak boleh berjalan berlenggok-lenggok. Karena jalan dengan berlenggok-lenggok maka akan menarik perhatian laki-laki, terutama yang bukan muhrimnya. Dengan begitu, kehormatan seorang wanita akan terancam bila berjalan dengan gaya seperti itu.
2.Tangkas
Tangkas ialah mempercepat perjalanan dalam langkah yang sederhana. Maksudnya ialah, dalam berjalan harus cepat namun tidak terlihat seperti orang yang tergesa-gesa. Cara berjalan seperti ini, pastinya akan membuat para wanita Muslimah nyaman. Karena dengan begitu, meski berjalan cepat tapi rasa tenang juga ada.
3.Tenang
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ketika berjalan, wanita Muslimah tidak dianjurkan untuk terburu-buru. Sikap tenang harus mengiringi perjalanan yang akan dilalui. Agar ketika berjalan, seorang wanita Muslimah tidak akan menjadi daya tarik laki-laki yang bukan muhrimnya. [rika/islampos/hidupdenganaman]

11

No comments: