Saturday, May 2, 2020

Motivasi Menghafal Al Qur'an



1. Bergaulah dengan orang-orang yang menyukai kegiatan menghafal Al Qur'an. Hal ini tentu saja akan membuat kita semakin termotivasi untuk terus mencoba menghafalkan Al Qur'an. Minimal, akan muncul keinginan untuk menghafal Al Qur'an. Bukankah Rasulullah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

الرَّجُلُ عَلَى دِينِ خَلِيلِهِ فَلْيَنْظُرْ أَحَدُكُمْ مَنْ يُخَالِلُ

Seseorang itu tergantung pada agama temannya. Oleh karena itu, salah satu di antara kalian hendaknya memperhatikan siapa yang dia jadikan teman.

2. Mulailah menghafal, jangan menunda-nunda. Penyakit yang sering diderita orang yang ingin menghafal adalah tidak segera memulai menghafal. Padahal kesulitan menghafal, biasanya terletak saat kita mencoba memulai menghafal. Jika sudah memulai, biasanya akan lebih mudah.

3. Jangan terburu-buru ingin segera menghafal. Terburu-buru ingin cepat menghafal biasanya akan membuat penghafalnya mudah berputus asa. Jika sudah putus asa, biasanya, orang akan menghentikan usahanya untuk menghafalnya. Nikmatilah prosesnya, dan terus berdoa pada Allah agar terus dimudahkan.

4. Sabar dalam murajaah. Dalam menghafal Al Qur'an, disiplin murajaah adalah kunci suksesnya. Karenanya, kepandaian mengatur waktu juga menjadi hal penting dalam proses menghafal Al Qur'an.

5. Ingatlah terus bahwa menghafal Al Qur'an adalah bagian dari upaya untuk mengejar jannah-Nya. Bacalah sebanyak-banyaknya tentang surga yang ditawarkan Allah kepada hamba-Nya yang bertaqwa.

6. Memahami keutamaan Al Qur'an agar terus termotivasi menghafalnya. Al Qur'an tidak bisa diubah, karena Al Qur'an yang akan mengubah hidup kita.

Semoga Allah ta'ala memilih kita orang yang turut menjaga kalam Allah.

No comments: